Tata cara sholat yang di anjurkan oleh Rasulullah saw

Pengajian kali ini diisi oleh ustadz cecep untuk bapak bapak, dan ibu ibunya di isi oleh ustadzah evi sedang anak anak di isi oleh ustadz abdul hakim.
Pengajian bapak bapak kali ini membahas tentang tata cara sholat yg sesuai anjuran rasulullah saw. Ustadz cecep membagikan sebuah panduan tentang tata cara pelaksanaan sholat yg dianjurkan nabi yg dikutip dr berbagai hadist dan mahdzab. Ternyata dalam pelaksanaan sholat ada beberapa hal yg mungkin belum kita mengerti, seperti contoh bahwa gerakan2 sholat sangat erat hubungannya dengan kesehatan fisik dan rohani kita, contohnya gerakan saat kita mengucap takbiratul ihram, di anjurkan oleh rasulullah saw agar mengangkat kedua belah tangan sampai sejajar bahu, hal ini bertujuan agar aliran darah di sekitar jantung lebih lancar sampai ke otak. Selain itu juga membahas tentang bagaimana adab menjadi seorang imam dalam sholat yg merupakan contoh sebuah miniatur seorang pemimpin yg harus memperhatikan dan mengatur rakyat (makmum) sebelum melaksanakan sholat berjamaah,selain itu imam juga dianjurkan membaca surat2 pendek krn takut ada makmum yg udzur atau sakit, jg imam hrs mempertimbangkan dikhawatirkan ada ma'mumnya yg sedang tergesa2 krn harus bekerja terutama sholat jum'at. Selain itu imam sebaiknya tdk dulu memulai sholatnya kl msh ada shaf yg terlihat blm terisi...
membaca surat surat yg pendek apabila ada makmum yg sudah tua sekali dan atau yg sedang sakit. Sedang pengajian ibu ibu membahas tentang iman kepada qadha dan qadar, yaitu segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah ketentuan dari Allah swt. Dalam hal ini ada dua ketentuan Allah swt yaitu ketentuan yg terjadinya tanpa kita bisa menolaknya, sebagai contoh kita mendapat musibah yg tidak kita inginkan, mungkin itu adalah rencana Allah swt untuk menguji iman kita, ketentuan yg satunya yaitu ketentuan Allah swt yg manusia mempunyai kemampuan untuk merubahnya, hal ini sesuai dg sebuah ayat di al quran yg berbunyi " Allah swt tidak akan merubah nasib suatu kaum, bila kaum tersebut tidak mau merubahnya". hal ini Bisa dilihat sebagai contoh negara negara islam sekarang yg mengalami banyak masalah, bisa jadi dikarenakan negara negara tersebut tidak mau menjalankan hukum2 islam, malah menjadikan hukum hukum orang kafir sebagai sistem yg mengatur kehidupan mereka, padahal islam sudah jelas jelas mengatur segala aspek segi kehidupan, maka dari sini kita bisa belajar berfikir bagaimana menyikapi segala persoalan hidup yg terjadi di muka bumi ini, karena dunia ini memang diciptakan bagi manusia yg mau berfikir.

0 comments: