Jual beli dengan Allah swt

   Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, pada kesempatan kali ini pengajian di isi oleh ustadz Cecep solehudin beliau pada kali ini membahas tentang makna hidup dimulai dari mereview diri kita kembali untuk melihat lebih jelas apa arti kehidupan ini agar kita bisa menempatkan diri kita sesuai dengan alur yang telah Allah ciptakan. Kehidupan ini dibaratkan jual beli, sebagaimana namanya, setiap transaksi jual beli pasti ingin mendapatkan keuntungan meskipun adakalanya kita dihadapkan pada keadaan yang membuat kita disebut rugi. Tetapi pada transaksi jual beli dengan Allah swt, kita pasti akan dihadapkan pada satu hal, yaitu keuntungan keuntungan yang melimpah, hal ini mempunyai arti bahwa ketika Allah swt menawarkan jual beli yang dapat menyelamatkan kita dari siksa api neraka, begitu juga ketika Allah swt menawarkan amalan amalan yang pahalanya sangat besar diantaranya :
1. Barang siapa yang melakukan sholat sunnah 2 rakaat sebelum sholat subuh maka pahalanya lebih baik dari dunia dan seisinya.
2. Barang siapa yang setiap harinya melaksanakan sholat dhuha maka Allah akan mencukupkan rezekinya hingga sore hari.
3. Barang siapa yang rutin membaca surat al waqiah setiap malam maka Allah tidak akan membuatnya miskin.
4. Ada juga kalimat jual beli yang ditawarkan Allah yang apabila sering diucapkan pahalanya lebih berat dari langit dan bumi, kalimat tersebut yaitu subhanallah walhamdulillah walailahailallahu allahuakbar. Memang kalimat ini singkat dan terlihat sepele, tetapi kenyataannya sangatlah sulit diucapkan hingga menjadikannya terbiasa dalam stiap desah nafas kita atau paling tidak membacanya setelah sholat dan sebelum tidur.
5. Memaafkan. bila kita mau memaafkan saudara kita apapun yang telah dia perbuat kepada kita maka Allah janjikan akan dibangunkan sebuah istana yang begitu indah yang terbuat dari emas dan permata. memang sangatlah mudah untuk bicara soal maaf memafkan tetapi dalam kenyataan sangatlah susah apalagi kepada orang yang telah menyakiti kita. Karena saat terjadi kesalah pahaman, yang terbayang dibenak kita pada saat itu adalah kebencian, kesalahan dan semua kejelekan kejelekan. Bila hal ini terjadi berlarut larut, lalu bagaimana kita akan mendapatkan tawaran dari Allah swt, bila hati kita masih terkontaminasi oleh penyakit hati.

Rasulullah bersabda barang siapa yang setiap kali sebelum tidur selalu mengosongkan pikiran pikiran negatif dan memaafkan semua kesalahan kesalahan orang orang disekitarnya serta tidak menyimpan dendam sama sekali maka dia sudah dipastikan menjadi ahli surga.
6. Ikhlas, merupakan sesuatu hal yang mudah di ucapkan tetapi ternyata susah untuk diimplementasikan. Padahal ikhlas adalah salah satu kunci diterimanya semua amal ibadah kita, karena bila kita beribadah tidak ikhlas karena Allah maka akan sia sia lah semua amalan ibadahnya. Suatu contoh saat kita berangkat ke pengajian bila di niati bukan karena Allah maka sia sialah semua amalan ibadah, tetapi bila kita ikhlas maka kita akan mendapat Ghasiyah humurrohmah : rahmat Allah yang melimpah, juga para malaikat akan membangga banggakan kita karena melihat para sekumpulan manusia yang berkumpul untuk mempelajari ilmu Allah.
wallahualam bishowab.

0 comments: