Shalat Teraweh 20 Agustus 2010

Selama bulan ramadhan Forum Pengajian Jumat (FPJ) mengadakan sholat teraweh bersama. Pada tanggal 20 Agustus dengan mengundang jamaah dari berbagai majelis taklim antara lain Al Ikhlas, Fajar Islam, Forum Study Islam, serta muslim yang tinggal di sekitar Western Suburb Forum Pengajian Jumat melaksanakan sholat tarawih bersama dengan imam dan penceramah ustadz Agil Sholeh.

Beberapa hal yang disampaikan dalam ceramah malam itu antara lain :
- Kita harus bersyukur bahwa tahun ini masih menjumpai bulan ramadhan

- Pembunuh yang paling kejam di dunia adalah waktu, dengan kata lain waktu adalah sesuatu yang paling berharga di dunia ini, terutama ketika kita menghadapi sakaratul maut dan tidak mempunyai banyak amal soleh, sehingga orang-orang yang demikian akan meminta untuk menunda waktu kematian, tetapi sudah terlambat.

- Kita harus merenungkan apakah ada perubahan pada diri kita dari satu ramadhan yang lalu ke ramadhan sekarang, bila tidak ada perubahan maka target puasa yaitu untuk menjadi manusia bertakwa tidak tercapai.

- Jangan jadikan bulan ramadhan hanya rutinitas tahunan tanpa ada perubahan sikap kita menjadi ke arah yang lebih baik.
- Untuk mengetahui apa puasa kita diterima Allah SWT, indikasinya adalah sikap-sikap yang baik selama bulan ramadhan terus terjaga sesudah bulan ramadhan berlalu.

- Waktu sangat berharga pada saat-saat kritis, sedangkan pada saat-saat longgar waktu tidak terasa berharga, sabda Rasullullah SAW : “Manfaatkan waktu longgarmu sebelum dating waktu sempitmu”.

- Banyak-banyaklah sedekah dalam bulan ramadhan. Sedekah dengan harta, bila tidak punya sedekah dengan tenaga, bila tidak bias dengan tenaga sedekah dengan perkataan yang baik.

- Beberapa hikmah bulan ramadhan adalah pada bulan ramadhan pintu-pintu langit terbuka dan pintu-pintu jahanam ditutup, artinya rahmat Allah banyak diturunkan pada bulan ramadhan. Hikmah lainnya adalah berlatih untuk mengendalikan nafsu dunia, mempergunakan apa yang kita punya untuk kepentingan akherat.

- Nikmat-nikmat puasa untuk umat Muhammad antara lain : 1. Para malaikat mendoakan umat islam yang berpuasa untuk diampuni dosanya. 2. Bau mulut orang berpuasa lebih harum dari bau kesturi di hadapan Allah SWT. 3. Pintu surga terbuka lebar-lebar. 4. Allah mengampuni dosa-dosa hambanya. 5. Doa orang berpuasa yang benar adalah mustajab. (BPK)

5 comments:

Abu Gosok said...

jazakallahu khairan katsiran for long time blog has been empty

BPK said...

Insya Allah Blog ini akan mulai aktif kembali untuk memberikan informasi kegiatan Forum Pengajian Jumat. Terima kasih atas atensinya.

BPK

Anonymous said...

terima kasih pa BPK.... mudah2an berlanjut lagi info dakwahnya di seputar FPJ..

Anonymous said...

Terima kasih BPK blog ini kembali aktif untuk menyampaikan sarana dakwah bagi umat..semoga waktu yg BPK berikan untuk mengisi blog ini mendapatkan balasannya dr Alloh SWT

BPK said...

Insya Allah. Amin. terima kasih atas atensinya.