Kajian Al quran Surat Al Maidah ayat 67

Alhamdulillah pengajian umum rutin yang diadakan setiap minggu pertama di awal bulan kali ini mengundang ustadz Kholidin yakub. Seperti biasa untuk anak anak kelas iqro di bimbing oleh ibu Rosdiana sedang anak laki laki kelas Al qur'an dibimbing oleh ustadz Ali abdullah.
Pengajian umum kali ini membahas tentang surat Al Maidah ayat 67 yang berbunyi : 
۞ يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ ۖ وَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ ۚ وَاللَّهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ 

Arti [QS. 5:67] : 
67. Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. 


Ayat ini merupakan sebuah bukti bahwa Nabi Muhammad diperintahkan oleh Allah swt untuk menyampaikan wahyu (Al qur'an) yang turun ke dunia ini untuk seluruh makhluk dibumi ini kecuali orang orang yang menolak kebenaran. Al quran merupakan wahyu Allah yang hanya berjumlah 6666 ayat yang dapat mencakup seluruh aspek kehidupan umat manusia, dan kita mesti yakin tanpa ragu sedikitpun. Karena pada rukun iman, seseorang akan menjadi lengkap imannya bila ia juga mengimani kitab Allah swt yaitu Al quranul karim. Seseorang bisa menjadi islam dengan dia mendeklarasikan bahwa " ashhadualla illaha illallah" aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan harus diteruskan " wa ashaduanna muhammad rasulullah " dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah. Karena bila tidak diteruskan, syaitan pun berucap demikian, hanya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, tetapi tidak mengakui bahwa Muhammad utusan Allah. Karena syetan atau iblis menganggap dirinya lebih mulia karena diciptakan dari api sedang manusia diciptakan dari tanah. 
Bermula dari sinilah sifat cemburu atau iri hati itu muncul, makanya kalau diantara dari kita masih mempunyai sifat cemburu atau iri hati itu sifat yang berasal dari syetan. Semoga kita tidak termasuk golongan dari manusia yang memelihara sifat sifat iri hati dan dengki. Dari ayat diatas menunjukkan bahwa Rasulullah saw diutus oleh Allah swt untuk meng interpretasikan seluruh ayat ayat Allah swt yang berjumlah 6666 ayat yang memang fleksible dan  berlaku kapanpun dimanapun sampai nanti yaumul kiyamah nanti.

0 comments: