Aktifitas Dakwah di Sydney Western Suburbs

Selain daerah Lakemba dan sekitarnya, daerah yang cukup banyak ditinggali komunitas muslim adalah Western Sydney Suburbs. Setidaknya ada 3 masjid besar disamping beberapa mushola kecil yang menjadi tempat aktifitas ibadah dan dakwah muslim di Western Sydney Suburbs yaitu Masjid Turki Gallipoli di Auburn, Masjid komunitas Pakistan di Rooty Hill, dan Masjid Turki di Mount Druitt. Ketiga Masjid ini cukup ramai digunakan shalat berjamaah terutama setiap subuh, magrib dan isya. Selain digunakan sebagai sarana ibadah shalat, terdapat berbagai kegiatan belajar dan mengajar tentang agama Islam. Aktifitas kegiatan dakwah semakin meningkat pada saat memasuki bulan Ramadhan. Demikian juga komunitas Muslim Indonesia banyak yang melakukan aktifitas ibadah dan dakwah di masjid-masjid tersebut.

Komunitas Muslim Indonesia cukup banyak yang menetap di Sydney Western Suburbs. Selain mempergunakan fasilitas masjid dan berbaur dengan komunitas muslim dari bangsa lain, komunitas muslim Indonesia membentuk dan bergabung dalam majelis taklim sebagai sarana untuk bersilaturahim sekaligus untuk belajar agama Islam lebih mendalam. Beberapa majelis taklim yang terdapat di Western Sydney Suburbs antara lain adalah Fajar Islam, Al-Ikhlas, dan Forum Pengajian Jumat (FPJ).

Majelis taklim Fajar Islam sudah cukup lama berdiri (sekitar tahun 1990), dan sebagai salah satu majelis taklim komunitas muslim Indonesia pertama di daerah Western Sydney Suburbs. Kegiatan rutin yang dilakukan saat ini adalah pengajian 3 mingguan, dengan mendatangkan ustadz-ustadz yang ada di Sydney. Beberapa tahun lalu Fajar Islam juga mengadakan belajar membaca Al Quran untuk anak-anak, hanya saja saat ini aktifitas tersebut tidak berjalan lagi. Untuk aktifitas bulan ramadhan, Fajar Islam melakukan buka puasa bersama dan shalat tarawih di setiap akhir pekan. Seperti halnya Fajar Islam, majelis taklim Al-Ikhlas mempunyai kegiatan rutin pengajian 3 mingguan yang diisi oleh ustadz-ustadz dari Sydney dan sekitarnya, juga kadangkala diisi tamu ustadz dari Indonesia. Untuk aktifitas bulan ramadhan Al-Ikhlas melakukan shalat tarawih bersama setiap hari yang dilaksanakan bergantian di rumah jamaahnya. Forum Pengajian Jumat (FPJ) yang merupakan majelis taklim termuda di Western Sydney Suburbs, sesuai dengan namanya melakukan aktifitas kegiatannya setiap minggu sekali yang dilaksanakan pada hari Jumat malam. Pengajian dibagi dalam tiga kelompok yaitu: 1. pengajian anak-anak yaitu sarana untuk mendidik anak-anak agar lancar dan benar dalam membaca Al Qur'an, selain itu juga belajar tentang: Fiqh, Siraah. 2. Pengajian yang dikhususkan untuk Ibu-Ibu, dimana dalam pengajian ini membahas masalah : Fiqh, Akhlak, Aqidah, Pengetahuan tentang Syariat Islam. 3. Pengajian yang dkhususkan untuk Bapak-Bapak, dimana dalam pengajian ini membahas masalah: Tafsir Al Qur'an, Aqidah, Fiqh, Pengetahuan tentang Syariat Islam.

Selain aktifitas dakwah dilakukan di majelis taklim masing-masing, beberapa kali diadakan pengajian bersama, misalnya di bulan ramadahan ketika Sydney kedatangan tamu ustadz dari Indonesia. Selain itu beberapa kali acara dakwah diadakan bersama yang diprakarsai oleh Forum Study Islam (FSI) dengan mengadakan kajian tematik, tema yang diangkat dalam acara kajian tematik tersebut antara lain “Islam dan Ilmu Pengetahuan”, “Membangun Kesatuan Umat”. Pada tanggal 7 Agustus 2010 untuk menyambut bulan ramadhan diselenggarakan acara bersama yang terdiri dari Forum Study Islam (FSI), Majelis Taklim Fajar Islam, Majelis Taklim Al-Ikhlas, Forum Pengajian Jumat (FPJ) dan Pengajian Macquarie, serta tamu santri dari Pesantren Gontor. Acara yang mengambil tema “Silaturahim Menyambut Ramadhan dan Sarasehan” ini salah satunya diisi dengan pemutaran film islami. (Bambang PK).

3 comments:

Anonymous said...

AsWmWb,liputannya mantaaap pak bpk

Abu Ismail said...

Dengan segenap syukur dan ketulusan, kami dari seluruh staf FPJ, mengucapkan Selamat Hari Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum, taqabbal ya kariim.

Kami menyadari bahwa tak seorang pun dari kami yang luput dari khilaf, salah, dan kealpaan. Karena itu, kami pun memohon maaf kepada saudara-saudara kami para pembaca budiman atas kekhilafan dan kesalahan kami selama ini. Semoga Allah swt. senantiasa menganugerahkan maghfirah dan taufik hidayah-Nya untuk kita semua. Amin
(Abu Ismail)

AbuAtha said...

amin ya karim, barokallohu laka wa ufikum.