Pengajian 16/10/2010: Walimatus Safar Jamaah FPJ

Pada hari sabtu 16 Oktober 2010 FPJ mengadakan pengajian sekaligus Walimatus Safar untuk mendoakan Bapak Agus Hermawan dan keluarga serta Ibu Nani dan keluarga yang akan menunaikan ibadah haji. Acara dipandu oleh Bapak Ajie Natapraja ini didahului dengan pembacaan ayat suci Al quran yang dibacakan oleh bapak Mamad. Selanjutnya Bapak Agus Hermawan memberikan sepatah kata yang intinya ucapan terima kasih atas terlaksananya pengajian malam hari ini, sekaligus berpamitan dan meminta maaf kepada jamaah yang hadir atas kesalahan yang disengaja maupun tidak selama berinterakasi, mangharapkan doa kepada jamaah agar pelaksanaan ibadah haji nanti diberikan kelancaran, selain itu juga mengingatkan apabila beliau mempunyai hutang baik materi maupun janji harap diingatkan sehingga bisa dilunasi sebelum melaksanakan ibadah haji.

Acara dilanjutkan dengan ceramah yang disampaiklan oleh Ustadz Zaenal Arifin.Ada 2 nikmat besar yang manusia sering mengabaikan yaitu nikmat sehat dan nikmat kesempatan. Sehingga sering mengabaikan kesehatan dan kesempatan untuk digunakan beribadah kepada Allah SWT. Nikmat-nikmat tersebut jika tidak disyukuri Allah akan mencabutnya. Selain itu nikmat yang sangat besar adalah nikmat hidayah iman, hidayah datangnya bukan dari nabi atau para ulama tetapi dari Allah SWT, nabi hanya memberikan informasi saja tentang Islam melalui dakwah tetapi tidak bisa memberikan hidayah, bahkan paman nabi sendiri tidak mendapat hidayah meskipun telah didakwahi oleh Nabi sampai akhir ajalnya.

Ada banyak anggapan bahwa orang tidak menunaikan ibadah haji karena merasa belum dipanggil ini adalah anggapan yang keliru,sebab umat manusia sudah diundang oleh Allah SWT sejak diperintahkannya untuk melaksanakan ibadah haji. Kewajiban haji dikenakan bagi orang-orang yang telah mampu baik harta maupun kesehatan. Biaya yang dikeluarkan untuk ibadah haji akan dilipatkan berlipat ganda oleh Allah SWT kelak sebagai balasan. Orang yang menunaikan haji seharusnya dengan ikhlas dan timbul dari keinginan sendiri. Yang dimaksud dengan haji Mabrur adalah orang yang melaksanakan ibadah haji dengan benar-benar seluruh rukun ibadah haji dari awal hingga akhir. Haji adalah ibadah yang perlu pengorbanan sehingga harus ikhlas untuk menghadapi berbagai cobaan yang ada. Ibadah yang tertinggi adalah Jihad, seorang perempuan yang bisa berhaji dan mabrur maka ibadahnya sama dengan ibadah jihad. Barang siapa shalat shubuh berjamaah dimasjid kemudian duduk sampai matahari terbit dan menunaikan shalat dhuha maka ibadahnya sama dengan ibdah haji nabi, namun demikian ternyata tidak banyak orang yang melaksanakan ibadah ini.

4 kelompok orang yang akan mendapatkan rumah istimewa yang indah dan bagus di surga nanti adalah :

1. Orang yang selalu berkata-kata lembut, yaitu orang yang selalu mengucapkan Laillahaillah, orang-orang yang selalu mengajak kepada kebaikan (melakukan dakwah)

2. Orang yang membiasakan ibdah puasa sunah

3. Orang yang selalu memberi makan kepada orang yang membutuhkan

4. Orang yang suka bangun malam untuk sholat tahajjud

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh bapak Iwan Natapradja. (BambangPK)

2 comments:

AbuAtha said...

Salam,

Terima kasih mas Bambang atas liputannya jg tampilan baru web blognya (jempol).. semoga blog kita bisa menjadi penyambung dakwah di dunia maya ini...

Wasalam,

BambangPK said...

Sama-sama mas agus, untuk tampilannya Naufal yang membuat.