Pengajian Bapak 31/7/2009 : Tawakal

Salam,

Ikhwan-akhwat rahimakumulloh, alhamdulillah kajian bapak2 pada malam itu di sampaikan Oleh Ustadh Zulkarnaen.
Adapun materi yg di sampaikannya masih ada kaitannya dgn materi pengajian pd tgl 3july lalu, yaitu mu'zijat Al-quran. Sehingga kalau di runut ke atas utk mengimani al-quran ini diperlukan adanya ketawakalan. Karena keduanya satu kesatuan yg tidak dpt dipisahkan.
Sebab definisi dari Tawakal itu sendiri adalah menyerahkan segala urusan dan kemauan kita kepada kemauan dan keputusan Alloh swt.
Maka seseorang baru bisa dikatakan beriman jikalau di dalam dirinya ada ketawakalan terhadap Alloh swt. sedangkan Iman itu sendiri yaitu megakui adanya suatu zat yg maha tinggi.
Oleh karena itu jikalau kedua hal itu tadi sdh kita fahami menjadi satu kesatuan keyakinan, maka secara otomatis kita akan mengimani adanya Qadha dan Qadr nya Alloh swt. Yg mana di dalm hal ini setiap perbuatan dan kejadian yg terjadi terhadap manusia tidak akan terlepas dari kehendaknya Alloh swt. Sebab setiap kejadian dan perbuatan manusia terbagi dalam 2 dimensi, yaitu dimensi pertama dimensi yg dikuasi Manusia, dan yg kedua adalah dimensi yg menguasai Manusia.
Sebagai contoh : (dimensi yg dikuasai) ketika kita menguasai suatu keahlian (mengendarai mobil) tentunya kita bisa memperlakukan mobil kita semaunya baik pelan, cepat, belok ataupun mundur hati2 maupun sembrono..namun ketika kita sdh berhati2 bahkan waspada sekonyong2 ada org nyebrang secara mendadak sehingga kita menabraknya (inilah yg dikatakan sebagai dimensi yg menguasai manusia) kita tidak bisa mengelaknya dan diluar dugaan manusia. Maka tindakan yg dilakukan oleh seseorang yg beriman adalah tentunya pasti akan berhenti menolongnya dan bertanggung jawab. Disinilah letak penilaian Alloh swt dalam memberikan pahala-Nya. Wallohu 'alam bishawab.
Demikianlah inti ringkasan pengajian pd malam itu, mohon ma'af kalau ada salah dan khilaf serta mohon koreksi dari ustadh Zul itu sendiri, jikalau dalam penyampaian ini saya sedikit ber-improvisasi.

Wasalam,
AbuAtha

1 comments:

kusdi effendie said...

alhamdulillah,terima kasih AbuAtha atas laporan taujiah pengajian friday night yg banyak bisa diambil dari tema itu.