Pengajian Umum 14/8/2009 : Ayat-ayat Cinta



Materi pengajian Jumat 14 Agustus disampaikan oleh Ustad Zulkarnaen, Judul pengajian Jumat kali ini adalah Ayat-Ayat Cinta dan kaitannya dengan bulan Ramadhan.

Dalam Al Quran terdapat ayat-ayat cinta, tetapi kita sering terlewatkan untuk menikmati ayat-ayat tersebut, sebagai contoh Surat Al Ahzab Ayat 43 yang berbunyi : “Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman”.

Pada dasarnya orang mukmin dan Allah terdapat hubungan cinta yang sangat kuat. Ada suatu kepastian dari Allah, bahwa sesuatu yang dicintai apabila disebut namanya akan memberikan getaran dalam hati sebagaimana yang disebutkan dalam Surat Al Anfal Ayat 2 yang berbunyi : “ Sesungguhya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakkal”. Dalam ayat ini bila kita sebut nama Allah kita tidak bereaksi berupa getaran dalam hati kita maka harus kita koreksi kecintaan kita pada Allah SWT, kemungkinan hati kita telah menjadi keras.

Allah memanggil dengan mesra kepada umatnya untuk melakukan ibadah Ramadhan sebagaimana terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi : “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. Bulan Ramadhan dijadikan Allah menjadi bulan ampunan bagi umatnya.

Islam datang mengajarkan untuk memegang hukum dalam 3 hal:
1. Hukum hubungan manusia dengan Allah dalam bentuk ibadah
2. Hukum hubungan antara manusia dengan dirinya, misalnya dalam hal makan, pakaian dan lain-lain.
3. Hukum hubungan manusia dengan manusia lainnya

Ketiga hukum di atas harus kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari agar kita terhindar dari murkanya. Tetapi karena rahmat Allah, Allah akan memberikan ampunan apabila kita bertaubat dan meminta ampun. Hanya saja bila hubungan antara manusia kurang baik maka Allah memerintahkan untuk menangguhkan ampunannya apabila 2 orang mukmin saling tidak bertegur sapa pada bulan Ramadhan, meskipun bulan Ramadahan adalah bulan ampunan. Dalam bulan Ramadhan 3 hukum itu harus kita perhatikan secara benar agar mendapat ampunan dari Allah SWT di bulan Ramadhan.

Beribadah saja seperti sholat, dan puasa di bulan Ramadhan tidaklah cukup, karena bila mengabaikan hukum-hukum Allah yang lain akan bisa masuk dalam kategori fasik, sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Maidah Ayat49 yang berbunyi : “Dan hendaklah engkau memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka. Dan waspadalah terhadap mereka, jangan sampai mereka memperdayakan engkau terhadap sebagian apa yang diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berkehendak menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sungguh, kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik”.

Untuk dikabulkan doa kita ada syarat-syarat yaitu mengimani dan menjalankan yang diperintahkan Allah serta meninggalkan segala larangannya.
Bulan Ramadhan adalah latihan pengendalian diri pada garizah (naluri) yang berhubungan dengan jasmani, misalnya makan, minum dan hubungan suami istri. Dimana hal-hal yang halal pada bulan-bulan lain tetapi diharamkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan pada siang hari. (BPK)

3 comments:

ABU IBRAHIM said...

MasyaAllah, jazakallah buat ustadz gaul Zulkarnaen... semoga yang membacanya bisa tergugah . Amin...

Bambang PK said...

Makasih abu ibrahim sudah menyempatkan diri mampir. Sering-sering mampir kesini yah.

Anonymous said...

Wah senang sekali melihat photo-photo dan membaca materi dari pengajian terakhir sebelum ramadan. Sayang sekali saya tidak bisa hadir waktu itu karena harus ke newcastle. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi ikhwan dan ikhwat di forum pengajian jumat.

wassalam,
Yang Bukan Anonymous Anymore (YBAA) he he he