Pengajian Umum 20/11/2009 : Idul Adha

Pengajian umum Jumat 20 Nopember 2009 disampaikan oleh Ustadz Ardi Hanan yang membahas tentang hukum Idul Adha. Beberapa hal yang disampaikan dalam pengajian umum ini antara lain adalah:

- Beberapa hadist nabi berkenaan dengan hari raya Idul Adha, antara lain :

“Siapa saja yang menghidupkan malam 2 hari raya dia berharap pahala dari Allah hatinya tidak pernah mati/lalai dimana hari itu banyak hati-hati yang mati/lalai”

“Hiasi hari raya itu dengan takbir”

“Tidak ada perbuatan pada hari raya idul adha kecuali berkorban”

“Faedah dari qurban adalah setiap bulu dari qurban menjadi suatu kebaikan”

“Barang siapa mempunyai harta dan tidak mau berkorban maka jangan dekat-dekat majelis Nabi”

- Hari raya Idul Adha pertama kali dilaksanakan pada tahun I Hijriah

- Dalil Al Qur’an yang berkenaan dengan melaksanakan qurban adalah Surat Al Kautsar (108) ayat 2, yang berbunyi : “Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai) ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah”.

- Hukum salat Idul Adha. Menurut mahzab Hambali adalah Fardhu Kifayah yaitu apabila sebagian umat Islam sudah melaksanakan maka yang tidak mengerjakan tidak terkena dosa. Menurut mahzab Maliki dan Syafii adalah Sunah Muakad bagi orang yang terkena kewajiban melaksanakan salat Jumat.

- Mengucapkan selamat Idul Fitri dan Idul Adha hukumnya adalah mubah

- Hukum perempuan melaksanakan salat Idul Fitri dan salat Idul Adha menurut mahzab Hambali dan Syafii adalah : “tidak dianjurkan secara khusus bagi perempuan untuk melaksanakan shalat Jumat dan salat Idul Fitri/Idul Adha, tetapi bila pergi melakukan salat tersebut disyaratkan untuk tidak memakai wangi-wangian dan jangan memakai pakaian yang terlalu megah”. (BPK)

0 comments: