Pengajian Al-Ikhlas 18/12/2010

Sebagai wujud menjalin silaturahim, pada hari sabtu tanggal 18/12/2010 saya bersama Bapak Lukman Azis ketua majelis taklim Fajar Islam menghadiri pengajian 3 mingguan majelis taklim Al-Ikhlas. Pengajian yang dipandu ketua majelis taklim Al-Ikhlas bapak Danni Amri malam ini diisi oleh Ustadz Dr Chalidin Yakob. Tema pengajian yang disampaikan malam ini berkaitan dengan bulan Muharam yang merupakan tahun baru Islam.

Pada bulan Muharam umat Islam disunahkan untuk berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharam. Kewajiban umat Islam di dunia ini adalah menyampaikan risalah Islam sesuai dengan kemampuan kita. Pada bulan Muharam ini seharusnya kita evaluasi apa yang sudah kita lakukan dakwah/syiar Islam yang telah kita sampaikan baik untuk keluarga maupun untuk masyarakat. Setidaknya kita harus mempunyai rencana dakwah untuk masa ke depan, begitu juga ibadah-ibadah yang akan kita lakukan sebaiknya direncanakan untuk meningkat ke arah yang lebih baik.

Kita yang hidup di Australia ini  harus melakukan dakwah/syiar Islam baik untuk keluarga kita maupun untuk masyarakat kita. Kita harus berbagi baik harta atau ilmu yang kita miliki kepada orang lain dengan memberikan sedekah maupun mengajarkan ilmu agama yang kita miliki, kita harus menyampaikan walaupun hanya satu ayat. Amalan baik kita sekecil apapun jangan kita remehkan sebab bisa jadi amal itu yang akan menghantarkan kita ke surga, begitu juga jangan kita remehkan dosa sekecil apapun yang kita perbuat sebab bisa jadi dosa itu yang akan menghantarkan kita ke neraka.

Jika kita melakukan dakwah amar makruf nahi munkar (menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran) harus disertai dengan cara yang tepat sesuai dengan obyek dakwah, sehingga dakwah yang disampaikan dapat diterima dengan mudah. (BambangPK).

0 comments: