Pengajian Bapak 10/12/2010 - Meneladani Hijrah Rasullulah

Pada hari Jumat 10/12/2010 pengajian bapak-bapak Forum Pengajian Jumat (FPJ) diisi oleh ustadz Zulkarnaen. Materi yang disampaikan pada malam ini adalah berkenaan dengan hijrah, pemilihan topik ini karena pada saat ini kita masuk dalam bulan hijriah. Pada masa sebelum Rasulullah diutus menyebarkan Islam masyarakat bangsa arab dalam keadaan jahiliyah. Dalam masalah aqidah mereka menyembah berhala, dalam bidang sosial mereka menjalankan hal-hal yang buruk misalnya bidang perdagangan mereka mengurangi timbangan, melaksanakan riba dan hal-hal buruk lainnya. Dalam kondisi demikian Nabi Muhammad SAW diutus sebagai nabi terakhir untuk memperbaiki masyarakat jahiliyah tersebut. Hal pertama yang diperbaiki dari masyarakat jahiliyah tersebut adalah masalah aqidah. Nabi Muhammad SAW mengajak kaum quraisy dari menyembah berhala untuk beralih menyembah kepada Allah SWT. Ajakan dakwah untuk mengesakan Allah ini mendapat penentangan yang kuat dari suku bangsa arab. Agama Islam mengajarkan dalam masalah aqidah dilakukan melalui proses berpikir, Islam mengajarkan bahwa secara akal bila di dunia ini ada lebih dari satu Tuhan maka dunia ini terjadi kekacauan, disini terlihat relevansi ajaran Islam yang benar dalam masalah ketauhidan yaitu hanya ada satu Tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta ini beserta isinya yaitu Allah SWT.

Rasullulah dalam melaksanakan tugas dakwah dan para sahabat yang mengikuti ajaran Rasulullah mendapat tekanan dari bangsa quraisy yang tidak menyukai dakwah Rasulullah, sehingga sebagian dari sahabat atas petunjuk Rasulullah melakukan hijrah ke negeri Abasyiah/Ethiopia dan dapat perlindungan dari raja Najasi yang beragama kristen. Dalam kondisi hijrah ini para sahabat tetap melaksanakan tugas dakwah untuk mensyiarkan Islam.

Rasulullah dalam dakwahnya juga menyerukan kepada berbagai kabilah/suku bangsa lain selain quraisy misalnya bani Thaib. Ada sekitar 13 kabilah yang diberi dakwah oleh Rasulullah, dan hanya kabilah dari Madinah yang menyambut seruan dakwah Rasulullah dan bersedia memberikan perlindungan serta memberikan baiat kepada Rasulullah. Setelah mendapat perlindungan dan baiat maka Rasulullah melakukan hijrah ke Madinah untuk mendirikan negara Islam yang pertama. Setelah berdirinya negara Islam di Madinah maka diterapkan sistem kehidupan di masyarakat Madinah dengan sistem kehidupan Islam sehingga terwujud Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta.

Seharusnya berpindahnya kita ke negeri yang mayoritas penduduknya bukan Islam seperti Australia mencontoh hijrah Rasulullah dan para sahabat, yaitu hijrah yang mempunyai misi dakwah untuk mensyiarkan Islam agar menjadi rahmat bagi seluruh umat manusia. (BPK).

2 comments:

Abunadhif said...

Mas BPK...isi dari ceramah pa Ust. Zulkarnaen juga beliau memberikan perbandingan dengan keadaan kita jaman sekarang ini dengan jaman pada Rasulullah, yang bagaimana keadaan kita sekarang ini tida jauh berbeda dengan keadaan Rasulullah dulu, peran kita untuk menda'wahkan islam ini sangatlah berpengaruh agar bagaimana islam ini bisa kembali menjadi
" Rahmatan lil alamin" sebagai rahmat bagi seluruh alam...
itu mungkin tambahan yang saya ingat...Jazzakalah khairan sudah meng-upgrade situs kita ini...,

bambangpk said...

Terima kasih mas Adjie atas tambahannya. Sangat bermanfaat.